Perbedaan Antara Colocation Server Dan Dedicated Server

Server Colocation terbaik tentu memiliki jaminan keamanan standar dan maksimum yang sangat tinggi. Di zaman sekarang ini, kita tahu bahwa dunia Teknologi Informasi semakin berkembang dari waktu ke waktu. Inilah yang membuat kebutuhan berbagai media untuk mendukung teknologi informasi juga berkembang dan beragam sesuai kebutuhan. Salah satu kebutuhan media pendukung untuk informasi yang semakin dibutuhkan adalah Server. Nah, di server ini juga ada 2 macam tipe yaitu: Dedicated Server dan colocation server.

Kedua hal ini sangat berbeda satu sama lain. Apa perbedaannya?

1. Server Terdedikasi
Server khusus adalah layanan server yang sangat pas untuk diterapkan pada perusahaan besar di mana perusahaan tersebut membutuhkan ruang data server yang besar. Mengapa? Perusahaan besar biasanya memiliki banyak kunjungan dan data sehingga akan memerlukan server khusus dan terpisah. Server khusus memiliki kontrol penuh terhadap server yang ada. Misalnya, seperti panel kontrol, pilih sistem operasi yang akan digunakan, tentukan jumlah bandwidth, dan banyak lagi.

Tidak seperti Colocation Server, dedicated server adalah server yang dibeli dengan menyewa server atau perangkat keras khusus untuk penggunaan pribadi oleh perusahaan, organisasi, atau bahkan pribadi. Dengan ini, tidak akan ada berbagi data dengan pengguna lain. Biasanya, dalam paket sewa server khusus, ada bandwidth serta pilihan apakah Anda ingin mempekerjakan staf dari mana Anda menyewa server atau Anda ingin mengatur semuanya sendiri. Semuanya dapat Anda tentukan sesuai kebutuhan.

2. Server Colocation
Server colocation adalah server yang disimpan di tempat yang dianggap aman untuk menyimpan server. Tempat untuk menyimpan server ini juga disebut “pusat data” atau “kolokasi”. Biasanya, tempat seperti ini memiliki standar tinggi dan juga fasilitas keamanan server. Inilah yang selalu dimiliki Colocation Server.

Ada beberapa alasan mengapa server harus disimpan di pusat data. Alasan-alasan ini meliputi:
– Menghindari hal-hal yang mungkin menghambat sistem.
– Menghindari gangguan yang akan menjadi penghalang bagi keberadaan data di server.

Beberapa hambatan keberadaan di server biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti arus listrik yang memasok server tidak dalam keadaan stabil, akses internet tidak stabil dan ada tingkat keamanan yang tinggi.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *